FOTO PERJUANGAN PALESTINA DIGELAR DI FESTIVAL SKOTLANDIA

Salah satu foto yang akan ditampilkan dalam festival di Skotlandia. (Foto: Hamde Abu Rahma)

Salah satu foto yang akan ditampilkan dalam festival di Skotlandia. (Foto: Hamde Abu Rahma/EI)

Edinburgh, 26 Syawwal 1436/11 Agustus 2015 (MINA) – Foto-foto perjuangan warga Palestina akan ditampilkan dalam Festival Kesenian Edinburgh Fringe yang akan diadakan tahun ini di Skotlandia, sebagai bentuk kontribusi untuk Palestina.

Foto- foto yang diambil oleh Hamde Abu Rahma dari Bilin, sebuah desa di Tepi Barat yang dikelilingi dinding apartheid Israel. Dia telah mendokumentasikan perjuangan Palestina sejak tentara Israel membunuh sepupunya, Bassem dalam aksi protes 2009.

Salah satu proyek dari festival tersebut yang bertema “Welcome to The Fringe” akan dikhususkan untuk kesenian Palestina, sehari penuh pada 23 Agustus mendatang, demikian The Electronic Intifada melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa (11/8).

Festival khusus Palestina tersebut meliputi penayangan sebuah drama baru, yang berjudul “Shakespeare’s Sisters” dari Teater Al-Harah yang berbasis di Beit Jala, dekat Bethlehem.

Di antara seniman-seniman yang akan hadir adalah Fida Ataya (Pendongeng), Farah Saleh dan Yazan Ewidat (Penari), Ayman Nahas (Komedian), Alice Youssef (penyair), dan The Shagaf Ensemble (Musisi).

Tema festival “Welcome to The Fringe” (Selamat Datang di Perbatasan) merupakan gagasan dari dramawan Skotlandia, David Greig.

Greig merupakan salah satu dari banyak seniman Skotlandia yang mendukung kampanye 2014 agar menghentikan pendanaan festival dari Israel.(T/P008/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply