LOMBA DESAIN APLIKASI AL-QURAN PADA MTQ NASIONAL MAHASISWA

(Foto: MTQMN)

(Foto: MTQMN)

Jakarta, 20 Syawwal 1435/5 Agustus 2015 (MINA) – Satu yang baru dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) tahun ini adalah diselenggarakannya lomba desain aplikasi komputer. Acara presentasi desain proposal berlangsung pada Selasa dan Rabu, 4-5 Agustus 2015.

Bertempat di Aula Gedung B Fasilkom UI Depok, semua kafilah perwakilan 34 perguruan tinggi mempresentasikan desain proposalnya di hadapan dewan juri, demikian keterangn pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (5/8).

Perguruan tinggi yang mengikuti lomba itu antara lain Universitas Palangkaraya dengan Aplikasi “Belajar Mengaji Untuk Anak Usia Dini”, Universitas Syiah Kuala dengan aplikasi “Manuskrip Kitab Jawi”, Universitas Tadulako dengan aplikasi “Hijriah Reminder”, dan Universitas Trunojoyo dengan “Game Pohon Tajwid”, serta masih banyak lagi tim dari perguruan tinggi lainnya yang merancang desain aplikasi komputer yang inovatif.

Setiap kelompok diberikan waktu untuk mempresentasikan desain aplikasinya selama 20 menit di depan dewan juri yang terdiri dari Alamsyah, M.Si., M.Kom, Robbi Baskoro, S.Kom. dan M.T., Prof. Dr. Marzukhi.

Menurut Yugo Isal, Penanggung Jawab lomba itu, ada tiga indikator penilaian dewan juri. “Yang utama adalah inovasi, lalu kemudahan user interface, dan trackation dari suatu aplikasi. Jadi bisa diukur keberhasilan implementasi dari aplikasi tersebut,” ungkapnya.

Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 1 Juli 2015 melalui laman resmi MTQMN.

MTQMN kali ini merupakan yang terbesar dari sisi jumlah. Sebanyak 167 perguruan tinggi negeri dan swasta berpartisipasi dengan mewakilkan sebanyak 1.863 peserta. Sebelumnya, rata-rata, peserta yang ikut hanya 1.400 dengan 125 perguruan tinggi.

MTQMN kali ini juga akan dimeriahkan pertunjukkan seni dan budaya dari Iran, Arab Saudi, Singapura, dan Malaysia.(T/R05/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply