AS KIRIM ENAM PESAWAT TEMPUR F-16 KE TURKI MELAWAN ISIS

Enam Air Force F-16 Fighting Falcon Amerika Serikat dari Pangkalan Udara Aviano, Italia, terlihat di Pangkalan Udara Incirlik, Turki, 9 Agustus 2015. (Foto: Reuters)

Enam Air Force F-16 Fighting Falcon Amerika Serikat dari Pangkalan Udara Aviano, Italia, terlihat di Pangkalan Udara Incirlik, Turki, 9 Agustus 2015. (Foto: Reuters)

Washington, 25 Syawal 1436/10 Agustus 2015 (MINA) – Misi Amerika Serikat (AS) untuk NATO mengatakan, Washington telah mengirimkan enam pesawat tempur F-16 di pangkalan Turki untuk membantu operasi melawan kelompok Islamic State (ISIS/Daesh).

“Enam Pesawat F-16/Fighting Falcon AS dikirimkan ke Pangkalan Udara Incirlik, Turki, untuk mendukung perang melawan ISIS,” kata misi dalam akun resmi Twitte-nya, Ahad (9/8), ARA News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Amerika Serikat juga telah menggunakan drone (pesawat tanpa awak) dari Incirlik untuk menyerang target ISIS di Suriah, mendukung kampanye udara Turki terhadap kelompok pejuang.

“Pada pukul 09.00 (GMT), Angkatan Udara AS mengerahkan enam Pesawat F-16/Fighting Falcon, peralatan pendukung dan sekitar 300 personil ke Pangkalan Udara Incirlik, Turki, dalam mendukung Operasi ‘Resolve Inherent’,” kata Komando AS Eropa dalam siaran pers.

“Detasemen ini dari Fighter Wing 31 yang berbasis di Pangkalan Udara Aviano, Italia. Ini menyusul keputusan Turki untuk menjadi tempat penyebaran pesawat AS dalam melakukan operasi kontra-ISIS.”

Turki sebagai anggota koalisi internasional yang dipimpin oleh Washington, meningkatkan tindakan melawan kelompok pejuang ISIS setelah terjadi pemboman mematikan pada Juli lalu di sebuah kota perbatasan. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply