MENTERI AGAMA: PENDIDIKAN HARUS DIBANGUN DENGAN JELAS DAN BERKELANJUTAN

(Foto: Kemendikbud)

(Foto: Kemendikbud)

Jakarta, 28 Syawwal 1436/13 Agustus 2015 (MINA) – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin melalui Sekjen Kemenag mengatakan, pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang harus dibangun berdasarkan desain yang jelas dan berkelanjutan.

“Kondisi masa depan umat, bangsa dan negara kita tergantung dan dipengaruhi oleh mutu layanan pendidikan yang diterima oleh generasi muda saat ini yang ada di madrasah dan pesantren,” kata Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) Nur Syam pada  peluncuran Grand Design Peningkatan Mutu Madrasah di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (12/8) malam, demikian siaran pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Apabila mereka saat ini memperoleh layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu, maka pada gilirannya nanti akan menjadi generasi emas bangsa dan manusia-manusia baru yang mempunyai kapasitas dan kompetensi yang berdaya saing dan memegang peran penting dalam kejayaan umat dan menentukan arah pembangunan bangsa,” ujarnya.

Untuk itu, tegas Lukman, grand design sangat penting karena akan memandu arah ke depan bagaimana strategi, target, dan sumberdaya dibutuhkan guna mencapai kualitas pendidikan madrasah yang diharapkan.

“Dengan grand design tahapan dan peta jalan atau road map peningkatan mutu madrasah akan semakin jelas dan sudah seharusnya menjadi rujukan dalam membuat kebijakan maupun menetapkan anggaran untuk pendidikan Islam ke depan,” kata Lukman.

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama Lukman Hakim mengundang kerjasama dengan berbagai pihak yang potensial baik dengan lembaga-lembaga yang ada di dalam negeri maupun pihak donor dari negara-negara sahabat.

“Di sini ada Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, serta lembaga pengelola dan pemilik madrasah seperti NU dan Muhammadiyah. Mari kita duduk bersama dan membangun sinergi dalam peningkatan mutu madrasah,” tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin mengungkapkan, grand design peningkatan mutu madrasah merupakan hasil kerjasama antara Kemenag RI dengan pihak Kementerian Luar Negeri Australia.

Grand design peningkatan mutu madrasah dokumen milik Kemenag, jadi rujukan dalam peningkatan mutu madrasah termasuk dalam pembuatan anggaran,” kata Kamaruddin.

Hadir pada acara tersebut Minister Development Cooperation DFAT Australia Embassy James Gilling, Direktur Pendidikan Madrasah Nurcholis Setiawan, Karo Ortala Nur Arifin serta undangan dari berbagai instansi. (T/P011)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply