PRESIDEN JOKOWI: PEMIMPIN ISLAM DUNIA KAGUMI ISLAM DI INDONESIA

Foto: Kemenag

Foto: Kemenag

Pandeglang, 25 Syawwal 1436/10 Agustus 2015 (MINA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemimpin Islam dunia kagumi Islam di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan saat membuka Muktamar XIX dan Milad ke-100 Mathla’ul Anwar (MA) di Alun-alun Kota Pandeglang, Provinsi Banten, Sabtu (8/8) kemarin.

“Apa yang dikagumi mereka tehadap kita Islam Indonesia, adalah Islam yang penuh dengan kesantunan, Islam yang penuh tatakrama. Islam yang dilihat oleh mereka, sangat berbudi pekerti luhur. Dan itu dilakukan sehari-hari oleh kita. Dan mereka melihat itu,” kata Jokowi, demikian sebagaimana siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Jokowi mengatakan, Indonesia bukanlah Islam yang senang demo dengan marah-marah, bukan pula yang suka demo dengan melotot-lotot atau sambil melempar batu.

“Itu bukan Islam Indonesia. Islam kita adalah Islam yang penuh kesantunan, penuh tata krama dan penuh dengan budi pekerti yang luhur. Inilah Islam kita,” ujar Jokowi.

Menurutnya, saat Konferensi Asia-Afrika April 2015 lalu, Presiden dan para pemimpin negara Islam seperti Iran, Irak, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, dan lain sebagainya, di sela-sela Konferensi, berkumpul dan berdiskusi secara khusus.

“Pada saat itu, Kami secara khusus mengadakan pertemuan di salah satu ruangan di Konferensi. Apa yang mereka sampaikan kepada kita? Mereka sangat kagum terhadap nilai-nilai Islam yang kita laksanakan sehari-hari di Tanah Air ini. Karena memang di sana sekarang ini, perang dan gesekan besar terjadi,” jelas Jokowi.

Selain para muktamirin dan ribuan masyarakat Pandeglang, hadir dalam Muktamar XIX dan Milad ke-100 Mathla’ul Anwar itu, empat Menteri Kabinet Kerja: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menko Polhukam Tedjo, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Sosial Khafifah Indarparawansa.

Hadir juga Kepala BIN Sutiyoso, Plt Gubernur Banten, Bupati Pandeglang, para pengurus dan jamaah Mathla’ul Anwar, serta masyarakat Pandeglang.

Muktamar XIX Mathla’ul Anwar ini diikuti  para pengurus dari 24 provinsi di Indonesia. Selain itu,  hadir juga utusan dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Turki dan lain sebagainya. (T/P010/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply