Ketua Parlemen Singapura Dorong Pemahaman Al-Quran

Singapura, 17 Rajab 1437/25 April 2016 (MINA) – Ketua Parlemen Singapura Halimah Yacob pada Musabaqah Tilawah Al-Quran (MTQ) di Hub Islam Singapura di Braddell Road, Ahad (24/4), mengatakan, ia mendorong komunitas Muslim untuk memahami makna sebenarnya dari Al-Quran dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.

Halimah Yacob, yang menjadi tamu kehormatan pada acara yang diselenggarakan oleh Dewan Agama Islam Singapura (MUIS), menekankan bahwa Islam mengajarkan kasih sayang, keadilan, dan kesetaraan.

“Nilai-nilai seperti kasih sayang, keadilan dan kesetaraan merupakan kunci untuk kehidupan sehari-hari sebagai Muslim,” ujarnya, seperti disebutkan The Straits Times Singapore.

Halimah, Muslimah Singapura yang menjabat sebagai Ketua Parlemen sejak 2013, menambahkan bahwa penting untuk menegakkan nilai-nilai Islam kepada masyarakat menghadapi tantangan dalam bentuk ideologi ekstremis yang menggunakan teks Al-Quran untuk membenarkan tindakan kekerasan mereka.

Dewan Agama Islam Singapura (Muis) melaporkan, Musabaqah Al-Quran tingkat Nasional (National Quran Recitation Competition) tahun ini diikuti 60 peserta, rata-rata usia di bawah 25 tahun, dan jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu 20 peserta.

“Peningkatan ini menunjukkan dukungan masyarakat untuk mendorong kaum muda untuk belajar dan menghargai pembacaan Quran,” kata Muis.

Nurul ‘Izzah Kahmsani (31), seorang guru Agama Islam, menjadi juara I MTQ Nasional Singapura dan berhak mewakili Singapura pada MTQ  internasional. Sementara Ahmad Daniyal Mohd Rizal (23), salah seorang mahasiswa, adalah Juara I MTQ pria dewasa.

Penduduk Singapura menurut sensus terakhir 2011, berjumlah sekitar 5 juta orang, dan Muslim menempati 15% dari jumlah keseluruhan. Jumlah terbanyak adalah Budha (33%) disusul Kristen (18%), ateis (17%). (T/P4/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.