KPU DKI Tetapkan Anies-Sandi Sebagai Gubernur Terpilih Periode 2017-2022

Jakarta, 8 Sya’ban 1438/5 Mei 2017 (MINA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta resmi menetapkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur  terpilih DKI Jakarta periode tahun 2017-2022.

Penetapan tersebut dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka ‘Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Periode Tahun 2017-2022’ yang dibacakan oleh Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (5/5) siang.

“Dengan mengucap Basmalah, pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih tahun 2017-2022 adalah Anies Baswedan-Sandiaga Uno,” ujar Sumarno sambil mengetuk palu.

Penetapan dilakukan setelah Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, membacakan SK penetapan pasangan calon terpilih yang ditandatangani Sumarno.

Sumarno membacakan rekapitulasi penghitungan suara putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017, yaitu pasangan Anies-Sandi memperoleh 3.240.987 suara atau 57,96%, sedangkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat memeroleh 2.350.366 suara atau 42,04%.

Gubernur terpilih, Anies Baswedan mengucapkan terimakasih kepada KPU yang telah menyelenggarakan Pemilihan Umum dengan cara yang seksama, dengan cara yang baik, dan Insya Allah bisa menjadi contoh dalam penyelenggaraan pilkada yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

“KPU harus bertindak adil, bertindak netral, menjaga agar semua prosedur ditaati dengan baik. Bukan untuk memuaskan satu dua pihak, tetapi untuk memastikan tata tertib aturan berjalan, keadilan dilaksanakan dan Alhamdulillah KPU menjalankan ini dengan baik,” ujar Anies menurut pantauan MINA dalam televisi swasta.

Suasana demokratis di Jakarta 19 April lalu, tambah Anies, berhasil menunjukkan kepada diri kita sendiri maupun seluruh warga dunia yang menyaksikan pilkada, bahwa pelaksanaan pilkada berjalan dengan damai, tenang, dan sejuk.

“Itu adalah pembuktian bahwa selama ini kita selalu damai, selalu nyaman, dan selalu sejuk. Kemenangan ini, semata-mata hadirnya dari Allah dan ikhtiar dari kita,” tutup Anies.

Rencananya, pelantikan pasangan cagub dan cawagub terpilih akan dilaksanakan pada Oktober 2017 mendatang. (L/R09/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.