Doa Ketika Malas Ibadah

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Kadang kita merasakan malas atau enggan dalam ibadah. Seperti malas shalat berjamaah di masjid, enggan bertadarus Al-Quran, sedikit berdzikir, kurang pandai bersyukur, dan sebagainya.

Maka, saatnya membaca doa berikut yang diajarkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

ALLOOHUMMA A’INNII ‘ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI IBAADATIKA

Artinya: ”Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu menyebut nama-Mu (pandai berdzikir), dan mampu selalu bersyukur kepada-Mu serta beribadah dengan baik kepada-Mu.” (HR Abu Daud, An-Nasa’i dan Ahmad).

Doa adalah permohonan seorang hamba kepada Tuhannya berkaitan dengan kebutuhan yang ingin terpenuhi.

Doa tersebut menggambarkan kedalaman jiwa, suasana hati, dan harapan seorang hamba Allah.

Ibadah merupakan pekerjaan seorang hamba Allah dalam melaksanakan kewajibannya dan menjauhi larangan-Nya. Kesuksesan ibadah kepada Allah tergantung dari kesuksesannya dalam berdzikir dan bersyukur, sebab ibadah itu adalah buah dari syukur.

Doa tersebut pernah disampaikan dari Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah memegang tangannya dan bersabda, “Wahai Mu’adz, demi Allah, sungguh aku sangat menyayangimu, demi Allah, sungguh aku sangat menyayangimu.” Kemudian beliau melanjutkan,

أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ تَقُولُ : اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

“Aku pesankan kepadamu wahai Muadz, jangan pernah engkau tinggalkan di belakang setiap shalat membaca, yang artinya (Ya Allah, tolonglah aku untuk menyebut nama-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah yang baik untuk-Mu).”

Semoga dengan doa ini kita dapat menjadi hamba yang pandai bersyukur dan berdzikir serta semakin baik ibadahnya. Aamiin. (RS2/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Tags:

Rate this article!

Doa Ketika Malas Ibadah,3.67 / 5 ( 3votes )

Related Posts

Comments are closed.