Prof. AS Hikam : Pendidikan Vokasi Penting di Era Global

Yogyakarta, MINA – Penguasaan keterampilan dan pengetahuan global penting dimiliki generasi muda terlebih di era global ini, sebab itu pembangunan sumber daya manusia Indonesia perlu dilakukan agar dapat bersaing di dunia global, salah satunya  melalui pendidikan vokasi.

“Pendidikan Vokasi bisa membangun SDM Indonesia yang berdaya saing global,” kata Mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi RI, Muhammad A.S. Hikam, Kamis (10/8) di hadapan sebanyak 2.194 mahasiswa baru Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dalam Stadium General yang merupakan rangkaian kegiatan PPSMB Permadani SV UGM ini, Hikam menyampaikan pidato bertajuk Peranan Vokasi Dalam Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja di Era Global. Demikian keterangan dari UGM yang dikutip MINA.

Menurutnya, generasi muda saat ini harus dapat bersaing dan terus mengembangkan diri agar tidak kalah bersaing di era global. Selain itu, juga dituntut dapat menguasai perkembangan teknologi, memiliki nilai jual lebih dari orang lain, serta menjaga nasionalisme dan etika.

Hikam juga mengatakan, kebutuhan dunia industri terhadap tenaga kerja muda, cekatan, dan terampil sangatlah tinggi. “Tak hanya itu, dunia industri juga membutuhkan tenaga kerja dengan sikap dan softskill yang baik, siap dengan perubahan, inovatif serta memiliki daya tahan tinggi.Pilihan Anda masuk Sekolah Vokasi adalah langkah yang tepat untuk mempersiapkan masa depan di era global dan menuju Indonesia emas,” tegasnya.

Hikam menjelaskan, pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang berorientasi pada keahlian dan kepakaran yang khas serta berkemampuan untuk siap kerja. Dengan demikian, lulusan pendidikan vokasi mampu bersaing secara global karena fokus pada pengembangan keterampilan dan teknologi aplikatif.

“Lulusan Sekolah Vokasi ini siap dan terbiasa dengan dunia kerja,” tuturnya.

“Penting bagi generasi muda mempersiapkan diri dengan bekal keterampilan dan pengetahuan yang memadai, karena di tangan Anda semua masa depan bangsa Indonesia nantinya,” kata Hikam. (R/R05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.