270.000 Muslim Rohingya Selamatkan Diri ke Bangladesh

Muslim Rohingya yang tengah berjalan menyelamatkan diri ke Bangladesh dari kekejaman pemerintah Myanmar. Foto: Arab News

Cox’s Bazar, MINA – Badan Pengungsi PBB (UNHCR) menyebut dalam dua pekan ini sedikitnya ada 270.000 etnis Muslim Rohingya yang selamatkan diri dari Rakhine, Myanmar ke Bangladesh. Sementara itu sumber tidak resmi menyebut jumlahnya lebih dari 300.000 orang.

“Populasi pengungsi (di Cox’s Bazar) bertambah dua kali lipat dalam dua pekan. Kebutuhan mendesak saat ini adalah lahan dan penampungan tambahan,” demikian pernyataan resmi UNHCR pada Jumat (8/9) kemarin.

Seperti yang diberitakan Arab News, PBB sendiri telah mengeluarkan dana sebesar 8 juta dolar AS untuk bantuan kepada para pengungsi Muslim Rohingya.

Seorang relawan yang tak mau disebutkan namanya menyebut, saat ini pengungsi sangat kekruangan bantuan makanan, obat-obatan dan air bersih.

“Mereka dalam krisis akut mengenai makanan pokok, obat-obatan dan sanitasi,” katanya.

Seorang pengelola pengungsian di Cox’s Bazar, Abu Hashem mengatakan, kebanyakan pengungsi Rohingya menyelamatkan diri ke Bangladesh dari Myanmar dengan berjalan dan melalui Sungai Naf menggunakan perahu-perahu kecil.

Perahu kecil tersebut berisikan banyak orang sehingga belasan perahu pengungsi tersebut terbalik. Otoritas Bangladesh menyebut dalam 10 hari terakhir pihaknya telah mengevakuasi 88 mayat warga Rohingya yang tenggelam di Sungai Naf.

“Hari ini kami menerima sejumlah besar warga Rohingya dari Rakhine. Mereka semua berjalan selama 13 atau 14 hari untuk sampai di sini untuk menyelamatkan nyawa mereka,” kata Hashem. (T/R08/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.