Erdogan Akan Angkat Isu Rohingya di PBB

Ilustrasi: anak Muslim Rohingya. (Foto: Istimewa)

Istanbul, MINA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Senin (4/9), akan mengemukakan isu nasib Muslim Rohingya Myanmar pada pertemuan Majelis Umum PBB di New York akhir September ini.

Erdogan berbicara kepada penduduk setempat di distrik Catalca, Istanbul pada hari terakhir liburan Idul Adha, Middle Easr Monitor (MEMO) melaporkan.

“Saya akan mengemukakan apa yang sedang terjadi di Myanmar di Majelis Umum PBB pada 19 September dengan cara yang paling luas,” katanya. “Kami akan membicarakan semua ini dengan para pemimpin di sana.”

Erdogan sebagai presiden yang bergerak dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI), mengatakan bahwa sejauh ini dia telah berbicara kepada para pemimpin sekitar 20 negara mengenai masalah ini.

Pada bagian lain, Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan, negaranya akan berusaha untuk mengakhiri kekerasan di negara bagian Rakhine.

“Turki telah berbicara dengan banyak pemimpin dan mencoba memberi tahu mereka tentang penganiayaan tersebut, dan kontaknya terus berlanjut,” kata Çavuşoğlu.

Ia menambahkan bahwa Turki akan terus meningkatkan kesadaran tentang Muslim Rohingya selama pembicaraan Suriah pekan depan di Astana ibukota Kazakhstan, dan selama Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

“Kami mencoba untuk mengadakan pertemuan penting dengan para kepala pemerintahan di New York. Kita harus menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa umat Islam tidak sendiri. Upaya kita akan lanjutkan, “imbuhnya.

Çavuşoğlu juga membahas keadaan Muslim Rohingya dengan rekannya Menlu Iran Javad Zarif. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Tags:

Related Posts

Comments are closed.