Jamaah Haji Indonesia Mulai Pulang, Embarkasi Medan yang Pertama

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali lepas jamaah kloter 01 Embarkasi Medan (MES 01) kembali ke Tanah Air. Foto: Kemenag

Mekkah, MINA – Proses pemulangan jamaah haji Indonesia mulai dilakukan pada hari ini, Rabu (6/9).

Embarkasi Medan (MES 01) menjadi rombongan pertama yang bakal tiba di tanah air.

MES 01 mulai berangkat dari Mekkah pada pukul 01.00 Waktu Arab Saudi (WAS) menuju Jeddah, dari Jeddah berangkat pukul 11.00 WAS. Diperkirakan akan tiba di Medan, Indonesia pada jam 23.35 WIB.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada jamaah yang telah tertib dan rapi, mematuhi ketentuan dan arahan petugas haji, baik kloter maupun non kloter. Ini juga yang menjadikan penyelenggaraan terlaksana dengan baik,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali saat melepas rombongan, Mekkah, Rabu (6/9).

Ia menambahkan, atas nama Kementerian Agama (Kemenag), ia mengaku telah memberikan layanan bagi jamaah yang terbaik dan melakukan segala upaya agar ibadah haji tahun ini berjalan sukses. Nizar juga meminta maaf jika ada pelayanan yang kurang.

“Juga terkait konsumsi, akomodasi, dan transportasi, jika ada kekurangan, kami menyampaikan permohonan maaf. Kita upayakan tahun depan bisa berjalan dengan baik dan semoga Allah selalu memberi bimbingan sehingga ke depan lebih baik lagi,” katanya.

Kepada jamaah, Nizar berpesan agar tetap menjaga dan memelihara kemabruran haji ketika sampai di Tanah Air. Nizar juga mengajak jamaah untuk mendoakan kebaikan bagi umat muslim dunia, dan khususnya Rohingya.

“Selamat jalan, semoga perjalanan berjalan lancar, mudah, dan selamat sampai Tanah Air untuk berkumpul dengan keluarga,” katanya.

Berdasarkan rilis pers yang disiarkan Kemenag, Dubes Indonesia di Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel sendiri menuturkan jPemerintah Arab Saudi mengumumkan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan dengan sukses. Dan catatan-catatan kekurangan seperti toilet yang terbatas akan diperbaiki. (R/R08/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Tags:

Related Posts

Comments are closed.