Lima Ribu Umat Islam Serukan Aksi Selamatkan Muslim Rohingya

Aksi Selamatkan Muslim Rohingya di Tugu Adipura Lampung, Jumat (8/9).

Bandar Lampung, MINA – Sekitar 5.000 umat Islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Penyelamat Muslim Rohingya (GNPMR) Lampung, menyerukan aksi selamatkan Muslim Rohingya, Jumat (8/9).

Aksi ini digelar usai shalat Jumat hingga menjelang waktu ashar di Tugu Adipura Bundaran Gajah Lampung. Sebelumnya diadakan longmarch dengan rute perjalanan dari Masjid Taqwa Tanjung karang menuju Bundaran Gajah Tugu Adipura Bandar Lampung.

Dalam pernyataan sikapnya, GNPMR yang terdiri dari 50-an ormas menyatakan, aksi ini diadakan guna menekan pemerintah Myanmar melakukan tindakan untuk menyelesaikan krisis kemanusiaan yang terjadi di Negara Bagian Rakhine.

Pada aksi itu juga diadakan penggalangan dana dan terkumpul sejumlah 50 juta rupiah yang akan disalurkan untuk membantu meringankan beban pengungsi.

Salah satu peserta aksi dalam orasinya mengatakan, aksi ini juga menjadi salah satu pembuktian sebagai orang beriman yang tidak bisa berdiam diri kala saudara sesama Muslim dalam keadaan menderita.

Oleh karena itu, tambahnya, melalui aksi ini diharapkan tidak hanya dapat meringankan beban umat Muslim yang ada di Rohingya tetapi juga dapat menyatukan umat Islam. Karena dengan persatuan akan melahirkan kekuatan.

Sebelumnya diberitakan, kelompok bersenjata Rohingya melakukan penyerangan pada 30 pos polisi di Myanmar sebagai respon atas ketidakadilan pemerintah Myanmar yang tidak menganggap etnis Muslim Rohingya sebagai warga negara yang sah.

Dengan dalih memburu “teroris”, militer Myanmar kemudian melakukan operasi militer terhadap warga sipil sehingga menewaskan lebih 400 warga Etnis Muslim Rohingya. Namun, pejabat PBB mengatakan, kemungkinan besar korban tewas dari warga sipil sudah melebihi seribu orang. Sementara 146.000 pengungsi sudah memasuki Bangladesh sejak 25 Agustus lalu. (L/ism/B01.RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.