LPPOM MUI Kembali Gelar Olimpiade Halal 2017 Antar-SMU

Foto: LPPOM MUI

Jakarta, MINA – Dalam rangka sosialisasi dan edukasi halal di kalangan remaja (pelajar), untuk keempat kalinya Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) kembali menggelar kompetisi Olimpiade Halal 2017 antar SMU/sederajat.

Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengatakan tujuan diselenggarakannya Olimpiade Halal ini adalah untuk memberikan edukasi kepada generasi muda khususnya pelajar SMU agar senantiasa mengonsumsi produk halal sesuai dengan tema yang diusung “Mencetak Generasi Muda Loyal Produk Halal”.

“Ada yang berbeda dari penyelenggeraan Olimpide Halal tahun ini, karena diikuti oleh pelajar SMU/sederajat dari 7 negara yaitu Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Saudi Arabia dan seluruh provinsi di Indonesia,” kata Lukmanul dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/9).

Dia juga menerangkan pendaftaran Olimpiade Halal 2017 dimulai 1 Mei 2017 sampai dengan seminggu sebelum pelaksanaan babak penyisihan di tiap-tiap provinsi atau negara. Babak penyisihan dilaksanakan 25 Juli sampai 5 September 2017 sesuai dengan gelombang yang ditentukan.

Pendaftaran dan pelaksanaan ujian Olimpiade Halal dilakukan secara online dengan mengakses website www.halolppommui.com (sistem online untuk Olimpiade Halal yang dicreate oleh LPPOM MUI).

Halo LPPOM MUI dapat diakses peserta langsung dari sekolah, rumah dan juga melalui HP, tablet, komputer atau gadget yang tersambung secara online. Selain itu agar lebih efektif dan efisien di beberapa provinsi dan negara Olimpiade Halal dilaksanakan secara terpusat di suatu tempat seperti sekolah, kampus, gedung pertemuan, atau tempat lainnya. Seluruh proses dari pendaftaran sampai final dilakukan.

Materi yang dilombakan meliputi 1) Pengetahuan halal dan haram berdasarkan Alquran dan hadits, 2) Prosedur sertifikasi halal dan Sistem Jaminan Halal (buku panduannya dapat di download oleh peserta di Sistem Halo LPPOM MUI), 3) Studi Islam, 4). Pengetahuan Umum.

Dari babak penyisihan akan dipilih 3 peserta dengan nilai tertinggi dari setiap provinsi dan 3 nilai tertinggi dari setiap negara. Babak final akan dilaksanakan 25 September 2017.

Para pemenang akan mendapatkan total hadiah Rp 25 juta tropi dan piagam dari LPPOM MUI. Hadiah akan diserahkan pada saat pembukaan INDHEX 2017 (Indonesia International Halal Expo) yang akan dilaksanakan 16 Novermber 2017 di gedung SMESCO Jakarta. (R/R03/RS2)

Miraj News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.