Protes Serentak di Kashmir Bela Muslim Rohingya

Salah satu titik protes di Srinagar, Kashmir, bela Muslim Rohingya usai shalat Jumat. (Foto: Muhammad Taskeen/GK)

Srinagar, MINA – Aksi unjuk rasa serentak mendukung Muslim Rohingya dilakukan oleh rakyat Kashmir di semua masjid dan luar tempat suci di berbagai wilayah usai melaksanakan shalat Jumat (8/9).

Jamaah di semua masjid di kota Srinagar menggaungkan slogan pro-Islam dan pro-Rohingya yang sedang tertindas di negerinya sendiri di Myanmar. Demikian Greater Kashmir memberitakan yang dikutip MINA.

Para pemrotes membawa plakat yang berbunyi “Muslim Rohingya dibunuh dan dibakar hidup-hidup; Hentikan genosida Muslim Rohingya.”

Di distrik Baramulla, Negara Bagian Jammu dan Kashmir, India, demonstrasi pro-Rohingya diadakan di beberapa lokasi setelah shalat Jumat. Murid-murid tingkat SMA Baramulla juga menggelar aksi protes untuk mengekspresikan solidaritas mereka kepada Muslim Rohingya.

Termasuk demonstrasi besar-besaran dilaporkan dilakukan setelah shalat Jum’at di distrik Pulwama dan Shopian.

Seruan untuk demonstrasi dikeluarkan oleh Mutahida Majlis-e-Ulema, konglomerat dari semua organisasi keagamaan di Kashmir yang didukung oleh Kepemimpinan Perlawan Bersama (JRL) yang terdiri dari Syed Ali Geelani, Mirwaiz Umar Farooq dan Muhammad Yasin Malik.

“Protes kami adalah sebuah pesan kepada masyarakat dunia bahwa orang Kashmir tidak dapat diam mengenai pembunuhan brutal dan genosida Muslim Rohingya di tangan pemerintah Mayanmar,” kata seorang pemrotes di luar Masjid-e-Sahib-e-Zaman di Srinagar.

Para pemrotes juga menuntut segera adanya intervensi negara-negara Muslim untuk menghentikan pembunuhan terhadap Muslim Rohingya. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.