Trump, Abbas dan Netanyahu Akan Bertemu

Presiden Palestina Mahmoud Abbas bersama PM Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pertemuan. (Sumber: Palinfo)

 

Tel-Aviv, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana akan mengadakan pertemuan segitiga  dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dua pekan mendatang, saat kedua pemimpin Timur Tengah itu berada di AS menghadiri persidangan tahunan Majlis Umum  Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Surat kabar Israel Ha’aretz edisi Rabu (6/9), mengutip pernyataan dari sejumlah diplomat Palestina dan Israel yang menyatakan bahwa pertemuan trilateral ini sebagai upaya untuk menembus kebekuan perundingan perdamaian antara Palestina dan Israel.

Menurut Ha’aretz, pertemuan tiga kepala negara itu adalah inisiatif pertama Trump sejak kunjungannya ke kawasan Timur-Tengah beberapa waktu lalu. Pada pertemuan itu, akan dibahas cara-cara menggerakkan perundingan antara kedua belah pihak sebagai bagian kompromi regional.

Ha’aretz mengungkapkan, saat ini sedang ditentukan waktu pertemuan yang akan mempertemuan Trump, Abbas dan Netanyahu tersebut. Sumber-sumber diplomatik Israel dan Palestina menyebutkan kemungkinan besar pertemuan akan dilangsungkan antara tanggal 17 sampai 19 bulan September ini.

Trump merancang dan berpegang teguh dengan usulannya untuk menggerakkan perundingan, untuk mencapai kesepakatan antara Israel dengan Otoritas Palestina sebagai bagian dari kesepakatan regional.

Hal ini diperkuat dengan rekomendari dan arahan yang diumumkan beberapa pekan terakhir melalui tim penasehatnya yang mensupervisi perundingan ini, Jared Kouchner yang mantunya Trump, utusan khusus AS untuk Timur Tengah Jason Greenblatt, dan Duta Besar Washington untuk Tel Aviv, David Friedman.

Trump menegaskan kepada tim ini bahwa tercapainya kesepakatan regional merupakan tugas terpenting yang masih menjadi agenda dan prioritas Gedung Putih dengan semua yang berkaitan dengan kebijakan luar negeri Washington. (T/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.