Koalisi Arab: Kapal Bahan Bakar Capai Pelabuhan Hodeidah Yaman

Pelabuhan Hodeidah Yaman. (Foto: dok. LogCluster.com)

Riyadh, MINA – Pejabat Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi mengatakan, kapal pembawa bahan bakar telah tiba di pelabuhan utama Yaman, Hodeidah, Sabtu (23/12) pagi.

Kapal bernama Bahia Danas itu membawa 13.808 ton bahan bakar. Demikian Al Arabiya memberitakannya yang dikutip MINA.

Juru bicara Koalisi Arab Kolonel Turki Al-Maliki mengatakan, milisi Houthi telah memblokir distribusi vaksin serta mencuri bantuan medis dan gizi, melanggar semua undang-undang kemanusiaan.

Sebelumnya pada hari Rabu (20/12) para pemimpin Koalisi Arab mengumumkan bahwa pelabuhan Hodeidah akan tetap terbuka untuk menerima bantuan kemanusiaan dan pasokan komersial.

Mereka menambahkan bahwa mereka akan membiarkan pelabuhan tersebut tetap buka selama 30 hari ke depan untuk menerapkan saran Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB.

Keputusan tersebut disambut baik oleh PBB dan beberapa pemerintah Barat yang menyatakan keprihatinannya tentang kelanjutan pemblokiran akses oleh Koalisi terhadap bantuan di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Koalisi Arab memblokir semua akses masuk ke Yaman melalui udara, darat dan laut, setelah rudal milisi Houthi menyerang Riyadh, ibu kota Arab Saudi bulan lalu. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.