Koalisi Arab Ingatkan Houthi yang Ancam Lalu Lintas Laut Merah

Kapal di Laut Merah dihantam rudal dari Yaman. (Foto: dok. Nahar Net)

 

Riyadh, MINA – Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi memperingatkan pemberontak Houthi Yaman yang mengancam akan memutus lalu lintas di Laut Merah.

Laut Merah adalah rute pengiriman utama untuk perdagangan dunia yang menghubungkan Timur Tengah ke Eropa melalui Terusan Suez. Selat Bab Al-Mandab adalah pintu masuk selatan Laut Merah.

Houthi yang mengendalikan kontrol pelabuhan utama Hodeida menjadi ancaman bagi kapal-kapal di Laut Merah. Pelabuhan itu menjadi titik masuk penting untuk impor makanan dan bantuan.

Beberapa hari sebelumnya, Houthi mengancam akan menyerang kapal-kapal jika Koalisi Arab  tidak mengangkat blokadenya terhadap pelabuhan Hodeida dan bandara internasional di Sanaa, ibu kota Yaman.

“Pelabuhan Hodeida adalah landasan peluncuran operasi teroris yang mengancam navigasi di Laut Merah dan Selat Bab Al-Mandab,” kata juru bicara Koalisi Arab Turki Al-Maliki pada Rabu malam. Demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip MINA.

Pada bulan November, koalisi memperketat blokade tersebut setelah Houthis melepaskan sebuah rudal ke Arab Saudi yang dicegat di dekat bandara internasional Riyadh.

Lebih dari 9.000 orang telah terbunuh sejak Koalisi Arab bergabung dengan pemerintah Yaman dalam perang melawan Houthis pada bulan Maret 2015. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Tags:

Related Posts

Comments are closed.