Menristekdikti Apresiasi Unit Kerja Berprestasi

Menristekdikti, Mohamad Nasir. (Foto: Humas)

Medan, MINA – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mengapresiasi unit-unit kerja dengan prestasi kinerja terbaik pada Tahun Anggaran 2017, saat menutup Rakernas Kemenristekdikti 2018 di Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (17/1) malam.

Dalam penilaian prestasi kinerja Tahun Anggaran 2017, unit-unit kerja dikelompokan dalam empat kategori antara lain PTN Satuan Kerja (Satker), PTN Badan Layanan Umum (BLU), PTN Badan Hukum (PTN-BH), dan Kopertis.

Penghargaan PTN Satker Terbaik dan PTN BLU Terbaik diberikan dengan mempertimbangkan aspek-aspek antara lain tingkat kepatuhan pelaporan perjanjian kinerja, capaian fisik output, dan capaian realisasi anggaran, deviasi fisik dan anggaran, serta kepatuhan pelaporan UKT melalui aplikasi SIMonev.

Sedangkan untuk kategori PTN-BH, penghargaan diberikan dengan mempertimbangkan indikator-indikator antara lain tingkat capaian kontrak kinerja, capaian realisasi BP PTN-BH, capaian fisik output gaji dan tunjangan dari APBN, capaian realisasi anggaran output gaji dan tunjangan dari APBN, kepatuhan pelaporan UKT, serta kepatuhan pelaporan dana non APBN yang dilaporkan melalui aplikasi SIMonev.

Untuk kategori Kopertis, indikator yang dipakai antara lain tingkat kepatuhan pelaporan perjanjian kinerja, capaian fisik output, capaian realisasi anggaran, serta deviasi fisik dan anggaran yang dilaporkan melalui aplikasi SIMonev.

Pada kategori PTN Satuan Kerja (Satker), penghargaan unit kerja dengan kinerja terbaik diraih oleh Universitas Negeri Makassar, Universitas Tidar, dan Politeknik Negeri Jember.

Kategori PTN Badan Layanan Umum (BLU) dengan kinerja terbaik diraih oleh Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Malang.

Pada kategori PTN Badan Hukum (PTN BH), kinerja terbaik pertama diraih Institut Pertanian Bogor. Sedangkan terbaik kedua diraih oleh Institut Teknologi Bandung.

Untuk kategori Kopertis, kinerja terbaik pertama diraih oleh Kopertis Wilayah VI Semarang. Sedangkan terbaik kedua diraih oleh Kopertis Wilayah III Jakarta.

Penghargaan unit kerja dengan kinerja terbaik Tahun Anggaran 2017 diberikan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir kepada masing-masing pimpinan unit kerja.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan juga penandatanganan Perjanjian Kinerja. Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2018 dilakukan oleh pimpinan unit utama di lingkungan Kemenristekdikti, beberapa pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang disaksikan langsung Menristekdikti M. Nasir serta pejabat lain di lingkungan Kemenristekdikti.

Pimpinan unit utama, PTN dan Kopertis yang melakukan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2018 antara lain:

1. Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati;
2. Rektor Universitas Airlangga, Mohammad Nasih;
3. Rektor Universitas Sam Ratulangi, Ellen Joan Kumaat;

4. Rektor Universitas Musamus, Philipus Betaubun;
5. Rektor Institut Teknologi Sumatera, Ofyar Z Tamin;
6. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, Darmawan;
7. Koordinator Kopertis Wilayah III Jakarta, Illah Sailah.

Di akhir acara, Menteri Nasir menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras dan keseriusan peserta, panitia, dan tuan rumah sehingga Rakernas 2018 berjalan dengan lancar.

“Malam ini kita telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Rakernas 2018. Marathon luar biasa ini. Nampak betul semangat Bapak Ibu. Saya ucapkan terima kasih atas keseriusan, dan kerjasamanya pada Rakernas ini,” kata Nasir. (R/R09/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Tags:

Related Posts

Comments are closed.